PEMBUATAN SIM BARU DI POLRES BANTUL
Bagi yang mau buat SIM baru bisa cari tahu disini,sama mau share pengalaman buat SIM C sendiri :D
Tahun ini aku putuskan untuk buat SIM ,lagian umur aku udah 22 tahun jadi termasuk telat jika buat SIM :D . Kamis 15 januari 2015 aku putuskan untuk buat SIM walaupun hujannya labil pokoknya aku harus buat,sebagai Tips sebaiknya datang ke polres pagi-pagi agar dapat nomor urut awal jadi enak. Saat itu aku kesiangan karena nunggu hujan reda juga,sekitar jam 8.00 aku mulai menuju ke puskesmas sanden untuk cari surat keterangan dokter,sebenarnya bisa dapat surat keterangan di polres tapi aku mau buat di puskesmas ada ,setalah ambil nomor antrian terus cek kesehatan dan saat itu aku sekalian cek golongan darah dan selesai membayar 25.000,sedangkan untuk surat keterangan dokter dari polsek sekitar 27.000 ,setelah selesai aku langsung menuju ke polres.
Sampai polres jam 10.00 parkir langsung masuk. sampai di dalam kantor ketemu Pak polisi ditanyain sama polisi " Mau buat apa mba?" . "Mau buat SIM baru pak,." . ''Owh sudah ada foto copy KTP sama Surat ket dokter?",. .. " Sudah pak",.. . "Owh ya sudah klu gitu langsung ke bank saja . Berikut untuk mekanisme pembuatan SIM baru :
Lalu aku masuk ke bank menyerahkan foto copy KTP + Surat keterangan dokter . Dan hanya disuruh bayar 100.000 sedangkan jika buat di calo sekitar 250.000 - 300.000. Setelah itu Admin bank memberikan selembar form pembuatan SIM baru dan kwitansi pembayaran.
Setelah itu mengisi form yang ada nantinya disediakan meja dan contoh isian dimeja tersebut,setelah selesai form dan kwitansi dimasukkan di Loket 1 Khusus pendartaran SIM baru,setelah itu nunggu panggilan untuk nomor antrian foto,. Selang sekitar 15 menit ada panggilan nama,lalu ambil nomor antrian dan aku dapat nomor antrian 84,busyett banyak amat,dan tanya pak polisinya pelaksanaan foto disuruh datang hari sabtu mungkin bisa datang jam 10.00. Trus setelah itu diperbolehkan pulang.
===================================================================
Sabtu 17 januari 2015 aku datang lebih awal sekitar jam 8.30 ,aku kira siapa yang datang lebih awal dapat duluan foto eh ternyata tetap urut seperti di nomor penftaran. Alhasil nunggu 2 jam lebih sendiri untuk nunggu antrian foto,panggilan foto sekitar jam 11.00. Untuk foto ini cepat sekitar 5 Menit selesai kita serahkan nomor antrian lalu hanya cek data, sidik jari,tanda tangan lalu foto,setelah itu nomor dikembalikan lagi dan di suruh menunggu didepan ruang teori menunggu giliran tes tertulis.
Sabtu 17 januari 2015 aku datang lebih awal sekitar jam 8.30 ,aku kira siapa yang datang lebih awal dapat duluan foto eh ternyata tetap urut seperti di nomor penftaran. Alhasil nunggu 2 jam lebih sendiri untuk nunggu antrian foto,panggilan foto sekitar jam 11.00. Untuk foto ini cepat sekitar 5 Menit selesai kita serahkan nomor antrian lalu hanya cek data, sidik jari,tanda tangan lalu foto,setelah itu nomor dikembalikan lagi dan di suruh menunggu didepan ruang teori menunggu giliran tes tertulis.
Keluar langsung menuju ruang teori,menunggu sekitar 15 menit setelah itu disuruh masuk oleh petugasnya,setelah itu duduk lalu absen. petugas lalu memberikan lembar jawab untuk diisi data dulu,setelah selesai diberikan soal tes teori. pengerjaan soal hanya diberi waktu 14 menit saja dari 30 soal dan jika ingin lulus nilai harus di atas 22 :o . Selesai menuju ke petugas yang khusus mengkoreksi jawaban. Jawaban langsung di koreksi saat itu juga alhamdulillah bisa LULUS dengan nilai 25 :D Setelah itu intruksi dari petugas besok senin datang kembali untuk test paktek , hmmm harus bolak balik selama 3 hari -_- .
===================================================================
Senin 19 januari 2015 aku datang lagi nih,sengaja datang pagi-pagi agar bisa latihan dulu. Berangkat jam 07.15 sampai saja sekitar 07.45 ternyata masih Upacara -_- Alhasil nunggu sekitar 10- 15 menit. Aku masuk lalu parkir buru-buru masuk , Ehhh,.. masih sepi tempat pendaftaran juga masih tutup ,nunggu sekitar 5 menitan , tengok kanan kiri kok temen barengan kemaren yang mau tes praktek kok gak ada yang muncul ya ,mungkin pada belum berangkat. Trus Aku masukin Nomor pendaftaran ke loket 1 lagi. Setelah memasukkan nomor pendaftaran oleh petugas langsung diterima dan disuruh menuju tempat ujian praktek SIM. Balik ke parkiran ambil motor sendiri karena praktek disini boleh dengan menggunakan motor sendiri,.
Agak ragu mau kesana udah ada yang datang belum yaa,. Sampai saja alhamdulillah sudah ada orang mba-mba 1 sama mas-mas 2 orang,sampe sana sekitar 10 menit petugas baru mempersiapkan tempat ujian praktek seperti patok-patok sebagai batas . Karena datang lebih awal jadi bisa latihannya sepuasnya sebelum dimulai. Rasanya udah dag dig dug der :D Bolak-bali kesana kemari ,ulang sana-ulang sini bikin greget banget,. menurut ku paling susah pada huruf U .
Sekitar jam 08.00 dipanggil dan menulis absen dan nomor urut dan aku diurutan ke 5 Allahamdullillah :D lalu ambil rompi khusus ujian praktek. sebelum ujian dimulai breifing salah satu petugas kepolisian menjelaskan apa saja peraturan dan ujian yg akan dilalui yaitu ,
1. jalan lurus
2. jalan zig zag
3. angka 8
4. huruf U
5. cek fisik motor
Dari penjelasan petugas nantinya 1 sesi akan diberi kesempatan 2 kali mengulang jika tetap gagal mengulang minggu depan lagi. Nanti ada penjelasan tanda peluit petugas . Setelah itu ambil posisi siap di belakang garis start,kaki siap kanan di atas kiri untuk menyangga ,Tanda peluit 2x siap dan harus tengok ke kanan jika sampai lupa akan dianggap Gagal. setelah jalan nanti jika ada peluit panjang 1 kali harus berhenti lagi sebelum garis finish lalu tengok lagi ke kanan. kecuali di anka delapan nanti berhentinya di depan garis finish.
Dan akhirnya ujian di mulai sambil menunggu antrian jantung terasa dag dig dug der :D Lebayy,..
Motor mesin udah hidup ,cek helm sudah ditalikan belum,lampu motor jangan lupa. Dan tibalah giliran ku sebisa mungkin aku hilangkan ketakutan ku dan nervous . Pokoknya harus tenang.
Pertama, sesi jalan lurus setelah siap di depan belakang garis finish dan kaki kanan di atas dan kaki kiri dibawah maka ada peluit dari petugas 2 x itu artinya harus tengok kanan dan mulai jalan,sebelum finish ada peluit panjang 1x artinya harus berhenti dengan kaki kiri dibawah tepat di belakang garis finish lalu tengok kanan ,trus jalan lagi,sesi pertama sukses :D
Kedua, sesi zig zag setelah siap di depan belakang garis finish dan kaki kanan di atas dan kaki kiri dibawah maka ada peluit dari petugas 2 x itu artinya harus tengok kanan dan mulai jalan,sebelum finish ada peluit panjang 1x artinya harus berhenti dengan kaki kiri dibawah tepat di belakang garis finish lalu tengok kanan ,trus jalan lagi,sesi kedua sukses :D
1. jalan lurus
2. jalan zig zag
3. angka 8
4. huruf U
5. cek fisik motor
Dari penjelasan petugas nantinya 1 sesi akan diberi kesempatan 2 kali mengulang jika tetap gagal mengulang minggu depan lagi. Nanti ada penjelasan tanda peluit petugas . Setelah itu ambil posisi siap di belakang garis start,kaki siap kanan di atas kiri untuk menyangga ,Tanda peluit 2x siap dan harus tengok ke kanan jika sampai lupa akan dianggap Gagal. setelah jalan nanti jika ada peluit panjang 1 kali harus berhenti lagi sebelum garis finish lalu tengok lagi ke kanan. kecuali di anka delapan nanti berhentinya di depan garis finish.
Dan akhirnya ujian di mulai sambil menunggu antrian jantung terasa dag dig dug der :D Lebayy,..
Motor mesin udah hidup ,cek helm sudah ditalikan belum,lampu motor jangan lupa. Dan tibalah giliran ku sebisa mungkin aku hilangkan ketakutan ku dan nervous . Pokoknya harus tenang.
Pertama, sesi jalan lurus setelah siap di depan belakang garis finish dan kaki kanan di atas dan kaki kiri dibawah maka ada peluit dari petugas 2 x itu artinya harus tengok kanan dan mulai jalan,sebelum finish ada peluit panjang 1x artinya harus berhenti dengan kaki kiri dibawah tepat di belakang garis finish lalu tengok kanan ,trus jalan lagi,sesi pertama sukses :D
Kedua, sesi zig zag setelah siap di depan belakang garis finish dan kaki kanan di atas dan kaki kiri dibawah maka ada peluit dari petugas 2 x itu artinya harus tengok kanan dan mulai jalan,sebelum finish ada peluit panjang 1x artinya harus berhenti dengan kaki kiri dibawah tepat di belakang garis finish lalu tengok kanan ,trus jalan lagi,sesi kedua sukses :D
Ketiga, sesi angka 8 setelah siap di depan belakang garis finish dan kaki kanan di atas dan kaki kiri dibawah maka ada peluit dari petugas 2 x itu artinya harus tengok kanan dan mulai jalan,di sesi ini harus hati-hati banget pokoknya harus menjaga keseimbangan,main gas dan juga main rem,dari jalan ke arah kiri dulu,terus mengikuti garis yang ada untuk sesi ini memutas 2 kali,lalu keluar ke luar garis finis,nanti ada peluit panjang 1x artinya harus berhenti dengan kaki kiri dibawah tepat di belakang garis finish lalu tengok kanan sesi pertama sukses :D
Keempat, sesi huruf U Di sesi ini aku sempet gagal pada kesempatan pertama udah makin panik kan aku,aku coba tenang kan hati dan pikiran pokoknya harus bisa,dan kesempatan kedua dan akhirnya tertakhlukkan juga :D setelah siap di depan belakang garis finish dan kaki kanan di atas dan kaki kiri dibawah maka ada peluit dari petugas 2 x itu artinya harus tengok kanan dan mulai jalan,Lalu belok mengikuti huruf U disini harus hati-hati dan pintar pintar mengatur jarak,pada belokan balik biasanya sangat banyak yang kaki menyangga karena takut jatuh, Trik nya saat belok itu harus menjaga keseimbangan jika bisa jangan berhenti tapi usahakan motor membelok dengan maksimal lalu tambah kekuatan gas hingga ke garis finish,sebelum finish ada peluit panjang 1x artinya harus berhenti dengan kaki kiri dibawah tepat di belakang garis finish lalu tengok kanan ,trus jalan lagi,sesi kedua sukses :D
Dan untuk ujian praktek ini aku LULUS :D
Kelima, sesi cek fisik,disesi ini untuk mengecek kelengkapan motor,dari lampu utama,lampu belakang,,lampu sent kanan kiri,lampu rem kanan kiri berfungsi atau tidak,kaca spion harus ada 2, dan kemaren ada yang lampu sent nya di skotlet biru dan disuruh melepaskan dulu baru diluluskan. Sesi ini sukses karena motor aku sudah lengkap.
Setelah selesai lalu ada pengenalan rambu-rambu dijalan nanti akan dibimbing melewati jalan raya muter-muter hanya sebentar saja sekitar 10-15 menit. Sampai ditempat praktek lagi nanti akan ditanya tadi melihat tanda atau rambu-rambu apa,sambil petugas kepolisisan menjelaskan rambu-rambu yang ditemui lagi seperti rambu perintah,larangan dan petunjuk. Setelah selesai diberi map berisi laporan untuk mengambil SIM di polres.
Selesai Aku ke polres lagi masukin map ke Loket 1 lalu disuruh menunggu ,aku menunggu sekitar 30 menit,kok gak dipanggil-panggil ya,akhirnya ada barengan temen yang praktek ngambil kok udah bisa diambil,ya udah ikutan ke loket pengambilan SIM ternyata sudah siap untuk diambil, Alhamdulillah SIM udah jadi dengan jalan resmi. :D
Jika ada yang ingin membuat SIM coba dulu saja,jika LULUS menjadi kebanggan tersendiri lohh, Lulus ujian teori maupun praktek itu Sensasinya itu lohhh bikin greget,. lumayan lohh biaya bisa setengah dari biaya jika melalui calo bisa lebih malahan,tidak ada salahnya menjoba ;)
** SUKSES SEMUA **
thanks infonya. https://rental-mobiljogja.com
BalasHapus