Selasa, 19 Mei 2015

CANDI SAMBISARI

MENILIK INDAHNYA CANDI SAMBISARI

       Candi Sambisari terletak di desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan. Candi ini ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh seorang petani ketika sedang mencangkul tanah pada tahun 1966. Candi tersebut telah terpendam dalam lapisan lahar Gunung Merapi setebal 6,5 meter.

Kompleks Candi Sambisari terdiri atas candi utama dan 3 buah candi perwara di depannya. Halaman pertama yang berukuran 50 x 48 meter, dikelilingi pagar dari batu putih. Candi utama berukuran 13,65 x 13,65 meter dengan tinggi 7,5 meter, terdiri atas bagian alas (kaki), tubuh, dan atap. Arah hadapnya ke barat dan memiliki satu bilik. Ketiga candi perwara saat ini tinggal bagian kaki, tanpa tubuh dan atap, masing-masing berukuran 4,80 x 4,80 meter.

Di luar tubuh candi terdapat jalan (selasar) yang mengelilingi tubuh candi yang dibatasi dengan pagar keliling (pagar langkan). Pada selasar ditemukan semacam umpak sebanyak 12 buah (8 berbentuk bulat, 4 berbentuk persegi) yang diduga berfungsi untuk meletakkan tiang-tiang penyangga rangka atap dari kayu. 

Akses menuju candi ini sangat mudah karena jalan masuk menuju candi telah di aspal. Untuk menuju lokasi candi, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat karena akses jalan yang luas. Terdapat juga lokasi parkir disekitar candi yang luas dan aman.
Wisatawan cukup membayar Rp.2000,- /orang dewasa dan hanya Rp. 1000,-/ orang anak untuk dapat memasuki wilayah Candi Sambisari. Biaya tersebut sangatlah murah untuk melihat bukti-bukti yang mengandung nilai sejarah yang dimiliki oleh Candi Sambisari ini.  untuk parkir sendiri cukup murah untuk sepeda motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 3000 saja.


 Kita cukup menuju arah jalan Jogja-Solo atau arah Bandara Adi Sutjipto. Nah dari pertigaan bandara ini masih lurus terus sampai nanti kita ketemu sama AAU(Akademi Angkatan Udara) yang ada di selatan jalan (kiri jalan kalau dari Solo, kanan jalan kalau dari Jogja), pelan-pelan nanti ketemu pertigaan kecil dan  ambil kekiri lurus terusmwntok nanti sudah dapat menemui pagar candi tersebut.













 Terima kasih dan mampir ke blog aku :)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar