Selasa, 05 Mei 2015

MENIKMATI INDAHNYA KEBUN TEH NGLINGGO KULONPROGO

Tahukah  di Yogyakarta ada kebun teh yang sangat indah tepatnya ada di kulon progo. Kebun teh ini bernama Kebun Teh Nglinggo (Tanah Misi). Terletak di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Berada di ketinggian sekitar 800 m dpl, tempat ini sangat sejuk dan pemandangan alamnya sangat indah dengan bukit-bukit yang menjulang di sekitarnya.  Lokasi kebun teh ini berbatasan dengan kabupaten Magelang di sebelah utara dan kabupaten Purworejo di sebelah barat perbukitan.

Jika ingin ke sini pastikan mesin kendaraan ada dalam keadaan fit karena tanjakan dan turunan yang begitu exstrim akan menguji ketahanan mesin motor.  Rute yang dapat diambil untuk menuju lokasi kebun teh yaitu bila dari kota Yogyakarta, bisa melewati jalan godean ke arah barat, hingga bertemu perempatan Kentheng Nanggulan, kemudian ambil kanan (arah utara) hingga bertemu dengan perempatan Dekso Kalibawang (patung garuda)/ lampu merah pertama. lalu belok kiri ikuti jalan terus sampai pertigaan  mentok pasar plono. nanti ambil kanan naik terus sekitar 3 km ikuti jalan. hati hati karena dari pasar menuju kebun teh akan banyak tanjakan yang cukup tinggi. lurus ikuti jalan nanti akan menemui kebun teh

Bila dari arah Wates, bisa ambil arah ke Nanggulan dan menuju Dekso. Untuk yang dari Magelang, bisa ambil jalur Muntilan menuju perempatan Dekso Kalibawang. Dari perempatan Dekso ambil arah barat (menuju arah Desa Pagerharjo). Ikuti saja jalannya sekitar 30 km hingga bertemu daerah Totogan (bila ambil kanan menuju obyek wisata puncak Suroloyo) ambil arah lurus menuju daerah Purworejo. Sampai di pertigaan Plono/pasar plono, ambil arah kanan (naik ) ikuti jalannya maka akan sampai ke lokasi kebun teh Nglinggo, Pagerharjo.

Nanti sebelumnya sekitar 1km ada loket masuk cukup murah hanya Rp 3000, nanti sebelum sampai akan ada pertigaan jika ke kiri ke grojogan watu jonggol jika lurus menuju kebun teh nanti lurus saja. Nanti disana ada sekitar 3 tempat parkir,jadi dibagi 3 tempat,selain itu sudah disediakan kamar mandi,. jika lapar tenang saja disana sudah banyak warung atau penjual makanan :). Untuk parkir sendiri hanya Rp 2000 saja.

Aku dan temen aku pergi hari minggu 3 april 2015 dari bantul sekitar jam 10.15 dan sampai sana sekitar jam 12.15 Saat sampai sana aku sama temen aku langsung parkir diparkiran paling bawah lalu naik jalan kaki yang bikin kaki pegel banget. Sampai atas akan disuguhin pemandangan elok hamparan kebun teh dan juga puncak perbukitan yang menghijau. Disana juga ada gunung kukusan yang sebagai perbatasan antara jogja dan magelang , Di puncak kita dapat melihat dari hamparan teh.,hamparan hutan yang masih asri,dan suara hewan atau serangga khas hutan. Jika kamu mau ke atas puncak gunung kukusan siapkan tiket Rp 2000 / orang dengan tiket segitu kamu gak akan kecewa kok karena dapat menikmati keindahan yang ada.

Nih temen aku yang nganterin aku ke sini hehe

Kita muter muter disana dari naik ke bukit sampai menikmati kebun teh,saat itu hari minggu dan cukub ramai pengunjung yang datang. Sekita 1 jam lebih kami menikmati karena sebagian kabut sudah mulai turun dan saat itu gerimis kami takut akan kesulitan saat medan jalan yang seperti itu,maka kita putuskan pulang sekitar jam 02.00 siang.

Perjalanan cukup lebih cepat karena jalanan banyak yg menurun saat pulang,karena kami kelaparan kita mampir dulu di Sambal Layah yang ada di jalan godean yang cukup untuk mengganjal perut.

Yukk yang mau jalan jalan ini bisa menjadi referensi liburan kamu selanjutnya,yang pastinya seru dan cocok untuk menikmati alam.